ASYIK BERFOTO SELFIE, WIDIA TERPELESET DAN TENGGELAM


Jepara - Lagi-lagi ber-selfie ria membawa duka. Kali ini nasib nahas menimpa Widiastuti binti Iwan Haryanto (15) warga desa pelang RT 09/3 Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Suasana Kamis sore yg indah (22/1) membuat Widiastuti atau akrab dipanggil Widia ingin berfoto-foto di sungai Damarjati yang konon pemandangannya mengagumkan.

Sehabis pulang sekolah tepatnya pukul 14.40, Widia yang merupakan siswi kelas 3 SMP Muhammadiyah Kalinyamatan bersama 8 orang temannya langsung menuju ke sungai Damarjati untuk berfoto-foto ria. Saat asyik berfoto, tanpa disadari gadis belia ini sudah berada di tepi bibir sungai yang tingginya hampir 2 meter dari permukaan sungai. Karena posisinya yang sudah terlalu ke tepi, akhirnya korban terpeleset dan jatuh terseret derasnya arus sungai Damarjati yang berkedalaman 4 meter tersebut.

Teman-teman korban sudah berusaha menolong, namun usahanya sia-sia. "saya sempat memegang tangannya saat dia terjatuh, tapi pegangan terlepas" kata Raudhatul Khasanah (15) salah seorang teman korban menceritakan kepada tim SAR yang melakukan pencarian. Tak jauh dari lokasi kejadian, ada Jabidin (30) yang sedang mencuci motor di pinggir sungai. begitu mengetahui ada kejadian tersebut Jabidin berusaha berlari mendekat untuk ikut menolong, namun karena kejadian begitu cepat akhirnya ia terlambat untuk tiba di lokasi tepat waktu. "saya datang dia (korban) sudah terlepas pegangannya" ujar Jabidin. Kemudian akhirnya jabidin langsung lapor ke Carik desa Damarjati yang kemudian menghubungi Basarnas Pos Jepara untuk meminta bantuan evakuasi.

Dengan perlengkapan evakuasi air lengkap satu tim rescuer rescuer Basarnas Pos Jepara yang berkekuatan 8 personil tersebut langsung meluncur ke lokasi yg jaraknya hanya 11 km dari kantor. Sesampainya di lokasi tim Rescue gabungan dari Basarnas Pos Jepara, BPBP Jepara, SAR Jepara, Ubaloka, Jepara Rescue, PMI, Polsek Kalinyamat, Tagana, Bagana, Koramil Kalinyamat, dan warga sekitar segera melakukan evakuasi. Derasnya arus sungai tidak membuat tim SAR gabungan tidak putus asa.

Pencarian dilakukan dengan menyisir sungai sejauh 200 meter dari lokasi kejadian. Setelah 3 jam tim SAR melakukan pencarian, akhirnya pada pukul 18.05 WIB korban berhasil ditemukan tidak jauh dari lokasi. Korban segera dievakuasi & dibawa ke puskesmas kalinyamat untuk dilakukan autopsi dan kemudian dibawa ke rumah duka. (cy/za)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
23 January 10:40 WIB