Basarnas menggelar pelatihan Water rescue bagi potensi SAR Cilacap dan sekitarnya


Cilacap, 23 september 2019. 

Balai Pendidikan dan Pelatihan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Baldik Basarnas) menggelar pelatihan pertolongan di air atau water rescue bagi potensi pencarian dan pertolongan (SAR) di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya.

Bertempat di hotel Fave Cilacap, Pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta tersebut, dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, dan didampingi oleh Kepala Kantor SAR Semarang, Aris Sofingi.

Dalam upacara pembukaan pelatihan, tampak hadir Kepala Balai Diklat Basarnas yang diwakili oleh Kasi Penyelenggaraan Diklat, DanLanal Cilacap, Dandim 0703 Cilacap, Kapolres Cilacap, Kadisporapar Kab Cilacap, Kadis Perikanan Kab Cilacap, Kalak BPBD Kab Cilacap, Kepala Bapelitbangda, Direktur RSUD Kab Cilacap, dan Ketua Balawista.

Pelatihan yang diselenggarakan selama 5 hari yakni mulai dari tanggal 23 hingga 27 september 2019 tersebut,  melibatkan instruktur baik dari Balai Diklat maupun dari Kantor SAR Semarang.

"Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan mengingat sering terjadinya orang tenggelam di sungai maupun di pantai di wilayah Cilacap ini" tutur Aris dalam sambutannya.

"Diharapkan dengan pelatihan ini, para peserta dapat belajar dan menyerap semua pengetahuan dan ketrampilan yang diberikan oleh instruktur serta dapat menciptakan komunitas SAR di wilayah Cilacap, sehingga dapat membantu tugas-tugas yang diemban oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang khususnya Pos SAR Cilacap sebagai unit pelaksana teknis Basarnas" pungkas Aris.
 
Water rescue ini sendiri akan digelar di dua lokasi, yakni untuk materi ruang bertempat di hotel Fave sedangkan untuk praktek dilakukan dikolam renang Sentul Park serta diakhiri dengan simulasi yang digelar di Teluk Penyu Cilacap.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : semarangadmin
23 September 11:05 WIB