BANJIR MELANDA BREBES


Brebes - Banjir melanda sedikitnya 3 kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes bagian barat, meliputi Kecamatan Tanjung, Kersana, dan Losari. Banjir yang terjadi akibat hujan deras sejak Sabtu, 31 Desember 2011, itu menyebabkan ribuan keluarga di tiga kecamatan tersebut harus mengungsi ke tempat yang tidak digenangi air.{READMORE}

Koordinator Basarnas Aditya Dwi Hartanto mengatakan banjir kali ini akibat luapan sungai Sungai Kabuyutan di Tanjung yang kondisi sudah tak layak untuk menahan luapan air. “Termasuk juga tiga sungai lainnya, yakni Sungai Tanjung Kulon, Sungai Bancang, dan Sungai Ciapit,” katanya.

Berdasarkan data hasil pantauan yang dilakukan Tim Basarnas beserta SAR Kabupatten Brebes tercatat 45.903 jiwa di wilayah tersebut terdampak genangan air, yang terdiri dari Kecamatan Kresna sebanyak 4.567 jiwa, 845 kepala keluarga (KK), Kecamatan Losari 10.056 jiwa, 2.625 KK dan kecamatan Tanjung sebanyak 31.280 jiwa terdiri dari 8.196 KK.

Menurut Kepala Pelaksana Harian (Kalahar) Badn penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Muhamad Supriyono, upaya yang sudah dilakukan pemerintah Kabupaten Brebes yakni mengevakuasi warga yang terdampak di ungsikan ke tempat yang aman. Kemudian lanjut Supriyono, memenuhi kebutuhan pokok mereka yakni memenuhi kebutuhanpangan mereka. Menyediakan kebutuhan hidup sehari hari misalnya untuk mandi dan bertempat tinggal sementara, paparnya.

Sampai saat ini lanjut Adit, satu Tim rescue Basarnas Kantor SAR Semarang beserta satu truk angkut pesonel dan 2 prahu karet diperbantukan dalam bencana banjir tersebut. Peralatan evakuasi lengkap juga kami siapkan untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu, ungkapnya.

Hari Minggu (01/01/2012) Basarnas dan SAR Kabupaten Magelang mengevakuasi sebanyak 52 warga desa Kecipir Kecamatan Losari di bawa ke pengungsian Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecipir. Secara umum ketinggian genangan air mengalami penurunan hingga setinggi lutut orang dewasa. Mudah mudahan tidak ada kiriman air hujan dari atas, karena jika kiriman ini terjadi maka dimungkinkan jumlah warga yang terdampak banjir akan bertambah lagi, pungkas Adit.(ris)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
1 January 9:00 WIB