Basarnas Ikuti Aksi Go Green


Wonogiri - Basarnas Pos SAR Surakarta turut dalam aksi Go Green, yakni penanaman satu juta pohon di wilayah sabuk hijau (greenbelt) Waduk Gajah Mungkur, Ngadirejo Wonogiri Sabtu (7/12). {READMORE}

Kegiatan yang dipelopori oleh Koadam IV Diponegoro ini bertujuan untuk menjaga ekosistem dan menahan sedimentasi di perairan waduk. Kegiatan penanaman pohon diikuti oleh beberapa unsur pemerintah seperti TNI, POLRI, Basarnas, Pemda Wonogiri, LSM, Menwa Universitas tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, Wanadri dan masyarakat setempat. Koordinator Basarnas Pos SAR Surakarta Amin Yahya mengatakan, Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian yang dilakakukan bersama sama demi menjaga kelestarian lingkungan khususnya Waduk Gajah Mungkur.   Sebanyak 1.058.558 batang pohon ditanam di sekitar Waduk Gajah Mungkur. Pohon yang ditanam adalah jati, jabon, tanaman kayu keras, dan berbagai buah-buahan. Aksi Go Green itu mampu meraih rekor Muri untuk penanaman pohon jati dan jabon terbanyak, mencapai 216.400 batang.

Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Handoko mengatakan, minimal 30% Daerah Aliran Sungai (DAS) harus berupa tutup lahan. Jika kurang dari itu dikhawatirkan akan terjadi pemanasan global, penyerapan karbondioksida tidak maksimal, banjir, sumber air menyusut, dan satwa berkurang. ’’Dengan Go Green ini, kami berharap bisa menahan pendangkalan waduk, “ pungkasnya. (han/fdi/ris)



Kategori Pengumuman .
Pengunggah : author