BASARNAS MENGIKUTI APEL SIAGA BENCANA


SEMARANG -  Pemerintah Kota Semarang menggelar apel siaga bencana di lapangan Garnisun Kalisari Kota Semarang yang diikuti oleh seluruh jajaran pemerintah, unsur TNI, Polri dan organisasi masyarakat serta relawan, Kamis (18/10) pagi. {READMORE}

Plt.Walikota Semarang  Hendrar Prihadi, S.E, M.M dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Kodim 0337 BS Letkol Kav Dicky Armunantho mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Saat ini kita memasuki musim penghujan, selain membawa berkah manfaat, musim hujan jika tidak diantisipasi akan membawa musibah.  Mengingat kondisi topografi wilayah kota Semarang yang rawan terhadap bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.

Lebih lanjut pria yang kerap dipanggil Hedy ini berharap kejadian bencana tahun lalu bisa dijadikan pelajaran, sehingga tahun ini tidak terjadi lagi. Namun, jika musibah itu terjadi kita sudah siap untuk mengantisipasinya. Oleh karena itu sejak sedini mungkin perlu disiapkan langkah – langkah prefentif secara terpadu oleh semua pihak.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Semarang, S.Riyadi S.Sos,MM mengatakan pihaknya mengaku selalu siap kapan saja. Selama duapuluh empat jam kami melakukan siaga, tanpa henti. Setiap hari kami siagakan satu tim Rescuer dan satu tim lagi rescuer  cadangan. Sewaktu – waktu jika terjadi bencana alam dan musibah lainya  satu tim ini langsung berangkat ke lokasi kejadian. Jika dibutuhkan lagi, maka tim cadangan ini kami berangkatkan lagi. Dalam kondisi seperti ini, (musim penghujan) seluruh personel kami siagakan, paparnya.

Setelah apel, Komendan  Kodim 0733 BS menyempatkan mencoba kendaraan ATV (all-terrain vehicle)milik Basarnas Kantor SAR Semarang. Dengan cermat Dicky mengamati  tiap bagaian armada segala medan tersebut dan berputar mengelilingi lapangan yang di sopiri staf BPBD Kota Semarang dan didampingi persolel Polrestabes Semarang. (ris)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
18 October 10:48 WIB