BASARNAS PALU MENGGELAR RAKOR YANG DIIKUTI OLEH 158 PESERTA DARI TNI


PALU-Sabtu 12 Mei 2018 Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu menggelar rapat koordinasi di Hotel The Sya Regency Kota Palu, Rapat koordinasi tersebut mengusung tema meningkatkan kekompakan dan kerjasama antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Palu (Basarnas) dan unsur Tentara Naional Indonesia (TNI ) dalam mendukung penyelenggaraan operasi SAR di wilayah kabupaten / Kota Se- Provinsi Sulawesi Tengah. Adapun peserta berasal dari unsur TNI AD, TNI AU, dan TNI AL yang berjumlah 150 orang. Rapat Koordinasi dibuka oleh Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Drs. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si dalam sambutannya Hidayat menuturkan sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan Rakor SAR sebagai upaya manyamakan pemahaman dan langkah pada kesiapsiagaan dalam menghadapi kondisi kedaruratan yang setiap saat mengancam kehidupan.

Dalam melaksanakan tugas pokok serta fungsinya, Basarnas harus memiliki tiga pilar utama yaitu sumberdaya manusia yang profesional, sarana prasarana yang memadai dan peran serta potensi SAR. Kita semua menyadari, bahwa musibah tidak dapat diprediksi, musibah itu bisa datang kapan saja, dimana saja, dan dapat menimpa siapa saja. Namun kita sebagai manusia biasa yang diberikan amanah harus bisa melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, serta dibarengi dengan ke-ikhlasan dan jiwa penolong yang tinggi sehingga setiap operasi SAR dapat berhasil dengan cepat, handal, dan aman. Dengan demikian dapat memperkecil response time dan jatuhnya korban saat terjadi kedaruratan pada kecelakaan maupun bencana alam, “terangnya”.

Saya yakin, dengan koordinasi dan terintegrasinya seluruh potensi SAR maka provinsi Sulawesi tengah akan memiliki Tim SAR yang solid yang mampu menangani kondisi kedaruratan sehingga memberikan rasa aman dan rasa nyaman bagi masyarakat dalam aktivitasnya,”Sambungnya”. Sementara itu Basrano, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu mengatakan rakor ini libatkan unsur TNI yang notabene kekuatan mereka itu sudah sampai menyebar ke lapisan-lapisan tertentu termasuk desa.

Usai menggelar Rapat koordinasi dilanjut dengan kunjungan ke Panti asuhan, Basrano yang didampingi Moh. Rifaldi Lamakampali, Kepala Sub Seksi Operasi dan Kesiapsiagaan dan Haris Supardi, Kasi Sumberdaya menyerahkan sumbangan dalam bentuk makanan kepada anak yatim di yayasan pembina Ummat Panti Asuhan Wali Songo Kota Palu sebagai ungkapan rasa syukur atas terselenggaranya Rapat Koordinasi dengan lancar. (Fat/Hms)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : dimas
14 May 16:00 WIB