CEGAH KEMBALI LONGSOR, DUSUN JEMBLUNG DI HIJAUKAN


Banjarnegara - Dalam upaya konservasi lahan kritis, Bupati Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo memimpin langsung kegiatan penghijauan atau reboisasi di lokasi longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara pada Kamis pagi (22/1) pada pukul 07.00 Wib.

Sutejo mengatakan, upaya penanaman massal pepohonan di lokasi longsor adalah untuk penghijauan atau reboisasi di wilayah itu. Penanaman melibatkan sejumlah organisasi masyarakat, pelajar, Pramuka, BPBD, BASARNAS Pos SAR Cilacap, Kopassus, Korem 071 Wijayakusuma, Kodim 0704 , Polres Banjarnegara serta relawan. “Kami menyiapkan 10 ribu bibit pohon berbagai jenis. Kami pilih tanaman yang tidak menimbulkan longsor susulan. Kita sudah konsultasi dengan badan geologi,” ujarnya dalam sambutan penyerahan bantuan dari Pemprov Jateng, di Dusun Bandingan, Desa Ambal, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara.

Total bibit yang ditanam sebanyak 12.500 pohon bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) Bank BNI melalui Pemprov Jateng ditambah bantuan dari Kopassus. Dari total lahan 20 hektar yang direncanakan, baru 10 hektar yang  bisa ditanami, sedangkan 10 hektar lainnya belum bisa karena tanah masih bergerak.   Menurut salah satu relawan, Londo dari BPBD, penyiapan bibit dan penanaman awal dilakukan tiga hari terakhir. “Kami dibantu warga dan dari Kopassus serta Basarnas” ujarnya. "Sekitar 1.000 orang dilibatkan dalam kegiatan penghijauan yang dilaksanakan selama dua hari yaki hari Rabu dan Kamis. Bibit-bibit pohon telah disebar di lokasi longsor Desa Jemblung. Sebagian bibit telah ditanam di gundukan tanah bekas dusun yang tertimbun longsor itu" lanjut Londo.   Bibit pohon yang yang ditanam antara lain bibit pohon akar wangi, trembesi, durian, albasiah, dan nangka. untuk pohon Akar wangi sendiri mampu tumbuh hingga 15 meter ke dalam tanah. “Sangat bagus untuk kawasan perbukitan. Semoga bencana kemarin adalah yang terakhir bagi Banjarnegara dan seluruh Indonesia” tutup Sutejo dalam arahannya kepada peserta penanaman pohon. (ipl/za)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
23 January 10:36 WIB