KAPAL KMP MUNIC XI KANDAS DI PERAIRAN GILI NANGGU, SELURUH PENUMPANG BERHASIL DIEVAKUASI


LOMBOK BARAT – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seluruh penumpang kapal KMP Munic XI yang kandas di perairan Gili Nanggu Lombok Barat, selasa (15/05). Dalam proses evakuasi menggunakan dua buah kapal yaitu KN SAR 220 Mataram milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram dan kapal KN 345 milik KPLP Lembar serta perahu karet (rubber boat). Seluruh penumpang dievakuasi hingga pukul 06.15 wita dalam keadaan selamat dengan total penumpang berjumlah 108 orang.

WhatsApp Image 2018-05-15 at 05.43.00.jpeg

Sebelumnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram menerima laporan dari petugas VTS (Vessel Traffic System) Pelabuhan terkait kecelakaan pelayaran tersebut, senin (14/05) pukul 22.20 wita. “menindak lanjuti laporan yang diterima, tim rescue diterjunkan ke lokasi kejadian dengan mengerahkan armada kapal KN SAR 220 Mataram berserta crew untuk melakukan evakuasi terhadap penumpang kapal naas tersebut”, kata I Nyoman Sidakarya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram saat memantau langsung proses evakuasi dari atas kapal KN SAR 220 Mataram. “Bersama dengan potensi SAR/instansi terkait dari KPLP Lembar, KSOP Lembar, Pol Air Lembar dan KP3 Lembar seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan dibawa menuju Pelabuhan penyeberangan Lembar untuk didata lebih lanjut”, imbuhnya.

WhatsApp Image 2018-05-15 at 05.42.33.jpeg

Kapal yang berangkat dari Pelabuhan Padang Bay Bali menuju Pelabuhan Lembar ini sempat dilakukan usaha penarikan menggunakan kapal Tug Boat, namun belum berhasil karena tali yang digunakan untuk penarikan terputus dan air laut masih surut. Hingga berita ini diturunkan, ABK yang berjumlah 22 orang masih bertahan di kapalnya dengan muatan kendaraan 3 truk ukuran besar, 6 truk sedang, 4 mobil dan 7 motor yang masih berada didalamnya, menunggu air laut pasang untuk bergeser dari posisi kandasnya. (ln/hms mtr).



Kategori Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : gunk
15 May 9:17 WIB