KAPAL MENGALAMI MATI MESIN, BASARNAS BERHASIL SELAMATKAN ABK DAN PENUMPANG


JEPARA –  Sebuah kapal  bernama KM. Putra Sari mengalami mati mesin di sekitar 10 mil utara Pulau Mandalika Jepara, Jum’at (4/1/2013) siang. Kapal tujuan Pulau Parang, Karimunjawa ini berangkat dari Pelabuhan Kartini Jepara hari Jum’at (4/1) pagi. Badan SAR Nasional (Basarnas) pastikan seluruh ABK dan penumpang  dalam kondisi selamat. {READMORE}

Koordinator Pos  SAR Jepara Agung Hari Prabowo,SE mengatakan kapal dengan panjang 12,5 meter dan lebar 3,5 meter ini membawa muatan bahan makanan sembako. Kapal warna biru ini membawa tiga ABK (Anak Buah Kapal) dan satu orang penumpang. Kafindin (45) sebagai Nahkoda, Zaenal (25),  Ridwan (35) merupakan ABK dan satu orang penumpang bernama Mustamir  (55). Semuanya merupakan warga pulau Parang RT 1 RW 3 Kecamatan Karimunjawa Jepara.

Upaya penyelamatan, lanjut Agung,  sudah dilakukan oleh Basarnas dan Tim SAR gabungan sejak kemarin. Informasi musibah kapal mati mesin ini kami terima kemarin (Jum’at, 4/1) siang, sekitar pukul 13.00. Kapal kayu tersebut kami upayakan ditarik ke PLTU Jepara menggunakan Kapal Takbout TB. Tubanan Indah yang dinahkodai Sigit beserta lima ABKnya ke pulau Panjang. Namun usaha ini tak berhasil. Upaya penyelamatan kapal terkendala cuaca hujan dan ombak yang mencapai 2 meter. Tidak berhasil berlabuh di PLTU maka, kapal selanjutnya ditarik ke pulau Panjang. Dari pulau panjang ini, kapal mati mesin akan ditarik lagi ke pelabuhan Kartini menggunakan kapal KMN. Inka Mina Makmur 141, yang dinahkodai Suud.

Kapal Motor (KM) Putra Sari berikut ABK dan penumpangnya berhasil sandar di palabuhan Kartini Jepara, Sabtu, 5/1/2013 pagi, sekitar jam 10.00. Seluruh ABK dan penumpang kemudian mendapat pemerikasaan kesehatan oleh Tim Medis dari Dinas kesehatan Kabupaten (DKK) Pelabuhan Kartini Jepara, semuanya dalam keadaan selamat.

Dengan berhasilnya operasi SAR ini, lanjut Agung, tim SAR gabungan yang terdiri dari Basasrnas Pos SAR Jepara, unsur TNI, POLRI, BPBD Jepara, SAR Jepara, Jepara Rescue, PMI, KPLP, Ubaloka, Dinas Perhubungan Jepara, bersama – sama dengan masyarakat diucapkan terimakasih, dan dikembalikan ke kesatuannya masing – masing, pungkasnya.(ris)

 

 



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author
5 January 15:00 WIB