SAR COMMUNITY : Sedulur Tunggal Nguri Jagad Latihan Gabungan Evakuasi di Ketinggian


SEMARANG - Komunitas SAR Sedulur Tunggal Nguri Jagad menggelar Latihan Gabungan Evakuasi di Ketinggian pada Hari Jumat-Minggu (19-21/7/2019) di Gua Kiskendo, Kendal, Jawa Tengah. Kegiatan ini adalah Kegiatan SAR Community yang didukung oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Semarang.

Selama tiga hari sebanyak 84 peserta dari 43 Komunitas di Jawa Tengah berlatih tentang teknik-teknik pertolongan di ketinggian. Para Instruktur dari Kantor SAR Semarang menyampaikan materi tentang teknik pertolongan di ketinggian, di antaranya Ascending/Desending, Lowering, Lifting dan  Slove. “Kami adalah komunitas SAR yang sering bertemu saat bersama-sama melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan. Dari situlah kami sering ngobrol, dan kemudian sampai pada kesepakatan bahwa kami perlu membekali diri lebih lagi dengan ilmu SAR. Untuk itu kami berinisiatif menggelar pelatihan ini dengan dukungan dari Basarnas,” ungkap Koko, salah satu panitia kegiatan.

Kasi Sumber Daya Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Semarang, Adil Triyanto, S. IP di lokasi kegiatan mengatakan bahwa kepanitiaan dan pendanaan kegiatan ini sepenuhnya dari potensi SAR. “Dalam kegiatan SAR Community seperti ini, Basarnas memberikan dukungan peralatan dan juga pemateri. Sedangkan untuk kepanitiaan dan penyelenggaraannya sepenuhnya dari Potensi,” ungkap Adil. Ia juga mengatakan kegiatan semacam ini akan terus digelar di wilayah kerja Kantor SAR Semarang. “Minggu depan potensi SAR di Wilayah Solo-Raya juga menggelar kegiatan serupa,” tambahnya.

Sementara Kasubdit Pengelolaan Potensi Direktorat Bina Potensi, Basarnas, Anggit M Satoto mengatakan bahwa kegiatan SAR Community ini menjadi salah satu program Quick Win Basarnas. Ia berharap Kantor Pencarian dan Pertolongan lainnya bisa mendorong potensi-potensi di wilayah kerjanya untuk bersama-sama mengelar kegiatan serupa. “Melalui kegiatan semacam ini, kita berharap pemenuhan Sumber Daya SAR yang handal di Bidang Pencarian dan Pertolongan lebih cepat terwujud. Karena kalau kita hanya mengandalkan kegiatan Pelatihan Potensi dari Basarnas, masih banyak potensi yang tidak tertampung dalam Pelatihan tersebut,” ungkapnya. (xna)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Daru
23 July 8:05 WIB