SAR DARAT AKPOL SEMARANG


Basarnas Kantor SAR Semarang menjadi instruktur dalam latihan SAR Darat yang digelar Akademi Kepolisian (Akpol) dan diikuti sebanyak 307 Taruna yang terdiri dari 302 Taruna Tk I Angk. 50 dan 5 Taruna Tingkat II Detasemen Wicaksana Adhi Manggala. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Banjarnegara dari tanggal 2 hingga 6 Maret 2016.

Menurut keterangan dari  Gubernur Akpol Irjen pol Anas Yusuf, latihan SAR Darat di Banjarnegara merupakan bagian dari kurikulum pembekalan bagi pembentukan perwira Polri di lingkungan kepolisian. " Latihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan penanganan kondisi bencana atau penyelamatan jiwa manusia" ujar Anas saat menilik latihan di Desa Kutayasa Kecamatan Madukara Banjarnegara. "Materinya meliputi mounteneering, jungle rescue dan navigasi darat" imbuhnya kemudian.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Agus Haryono juga menilai Pelatihan SAR Taruna Akpol ini dinilai sangat penting. Sebab siswa Akpol adalah calon perwira Polri yang sangat mungkin menjadi koordinator SAR saat terjadi bencana. “Meskipun kita tidak mengharapkan terjadinya bencana, namun seandainya mereka jadi pimpinan Polri dan terjadi bencana, sudah siap menjadi koordinator jika terjadi bencana” Kata Agus. "Untuk menjadi koordinator dalam penanganan bencana tidak harus dari Basarnas, tapi bisa juga dari Kapolres ataupun Dandim setempat" lanjutnya.   Agus juga menambahi jika keterlibatan Basarnas dalam latihan yang digelar Akpol tersebut adalah salah satu bentuk kerjasama yang telah lama dijalin oleh kedua belah pihak. "Kami mempunyai tugas untuk melakukan pembinaan terhadap potensi SAR, salah satunya adalah dengan Akpol ini, dan karena Jawa Tengah ini adalah laboratorium bencana maka kami perlu bersinergi dengan semua pihak" beber Agus.   Sebelum latihan lapangan dilaksanakan di Banjarnegara, sebelumnya para taruna-taruni Akpol tersebut juga telah diberikan pembekalan berupa materi ruang dan latihan kering yang diberikan oleh para instruktur dari Basarnas dan bertempat lingkungan Akpol. (za)



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : author