TANGGUL JEBOL, RUMAH WARGA TERENDAM BANJIR


SEMARANG – Akibat hujan yang mengguyur kota Semarang dan sekitarnya lebih dari dua jam, mengakibatkan beberapa daerah di Mangkang terendam banjir, Selasa (14/1), dengan ketinggian yang berfariasi. Kepala Kantor SAR Semarang, Agus Haryono mengatakan, hujan turun sejak sekitar pukul 17.00. Akibatnya, tanggul saluran irigasi di dusun Plumbon jebol dan meluap ke permukiman warga. Beberapa rumah di wilayah RT 10, 11 RW 2 dan RT 1 RW 3 Dusun Plumbon, Mangkang terendam air hingga ketinggian air mencapai 50 cm hingga  1 meter.

Tanggul sungai Beringin sisi barat, di dusun Kauman,  Mangkang Wetan juga jebol. Akibatnya rumah warga di RT 6 RW 3 Dusun Kauman, Mangkang Wetan terendam air hingga satu meter. “Di wilayah ini memang yang terparah mas, karena lokasinya berada di cekungan. Tadi air datang dari arah tanggul sungai Beringin yang jebol, ditambah lagi luapan dari sungai Mati yang berada di sisi barat rumah saya ini,” kata Sabar Mulyono (55), warga setempat.

Rumah Sabar sendiri terendam bagian dapurnya, saat tim sedang melakukan patroli keliling ke wilayah tersebut, dirinya bersama warga yang lain sedang membersihkan rumahnya dari lumpur sisa – sisa banjir.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang saat itu terjun ke lokasi banjir mengatakan bahwa pemerintah kota sudah merencanakan normalisasi dan perbaikan pada saluran saluran air di Mangkang. “Mudah – mudahan tahun ini sudah bisa terealisasi dan dikerjakan tahun ini sehingga harapannya di musim hujan berikutnya sudah beres. Yang penting masyarakatnya kompak dan saya titip saluran – saluran kecil dan selokan ini untuk dibersihkan,” paparnya.

Adapun tim yang kami kerahkan, lanjut Agus, berjumlah dua tim. Masing - masing tim terdiri atas 6 personel yang dilengkapi dengan alat evakuasi seperti perahu karet dan pelampung. “Kedua tim tersebut melakukan patroli ke wilayah yang terdampak banjir. Hasil pantauan, akibat banjir ini tidak ada korban jiwa, hanya saja warga mengalami kerugian material akibat rumahnya yang terendam banjir” pungkasnya. (ris)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
15 January 8:02 WIB