TELP (024) 7629192 FAX (024) 7629189 EMAIL : sar_semarang@yahoo.co.id


BASARNAS MENGEVAKUASI ORANG TERCEBUR SUMUR


JEPARA – Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos SAR Jepara berhasil mengevakuasi korban dari dalam sumur sedalam 15 meter,  Senin (7/10). Korban diketahui bernama Bachtiar Rifa’i (35) warga  Desa Jambu Barat RT 08 RW 02 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. {READMORE}

Koordinator Pos SAR Jepara Agung Hari Prabowo, SE mengatakan sebelum ditemukan di dalam sumur, Senin (7/10) sekitar pukul 13.00 WIB korban terlihat duduk di sekitar sumur yang berada di samping rumah. Tidak ada yang tahu apa motif pria paruh baya tersebut nekat mengakhiri hidupnya dengan nyebur ke dalam sumur. Yang jelas, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di tempat kejadian korban mengalami gangguan jiwa.

Kami mendapat informasi kejadian tersebut dari BPBD Kabupaten Jepara dan Koramil Jepara sekitar 13.30 WIB. Saat itu juga kami memberangkatkan satu tim Rescue untuk melakukanupaya evakuasi, papar Agung.

Upaya evakuasi, lanjut Agung, berjalan lancar. Setelah kami pastikan tidak ada kandungangas yang beracun di dalam sumur maka kami turunkan satu rescuer untuk mengikat korban. Saat itu kondisi korban sudah mengapung di permukaan air dengan badan telungkup. Maka tidak sulit bagi rescuer untuk melakukan menjangkau korban kemudian mengikatnya.

Setelah korban terikat, maka rescuer terlebih dahulu kami tarik ke daratan. Baru setelah itu korban kami tarik kemudian. Proses penarikan terkendala banyakanya kerumunan warga yang menyaksikan proses evakuasi. Sehingga, terpaksa kami meminta pihak kepolisian untuk memasang Police line untuk memperluas ruang gerak kami. Korban baru berhasil dievakuasi pada pukul 15.25 WIB.  Korban kemudian kami serahkan kepada keluarga korban untuk dimakamkan.

Unsur yang terlibat dalam proses evakuasi antara lain, Basarnas Pos SAR Jepara, Polsek Bangsri, Polsek Mlonggo, Koramil Mlonggo, BPBD Jepara, PMI Jepara, SAR Jepara, Jepara Rescue, Ubaloka dan warga sekitar. (ris)  



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
8 October 13:23 WIB