TELP (024) 7629192 FAX (024) 7629189 EMAIL : sar_semarang@yahoo.co.id


BASARNAS SELAMATKAN PEMANCING TERJEPIT JEMBATAN


DEMAK – Basarnas (Badan SAR Nasional) Kantor SAR Semarang bersama Tim SAR gabungan dibantu warga berhasil menyelamatkan Jumadi (35) setelah terjepit jembatan saat sedang memancing. Warga desa Waru, Mranggen kabupaten Demak ini berhasil dievakuasi dengan mengalami patah (amputasi) kaki kirinya. Jembatan selebar 15 meter di ujung muara sungai, di desa Bedono kecamatan Sayung Kabupaten Demak tersebut runtuh dan menimpa Jumadi, Minggu (28/4). {READMORE}

 

Komandan Resuer Kantor SAR Semarang Nyoto Purwanto, A.md mengaku pihaknya bersama tim SAR gabungan mengalami kesulitan mengevakuasi korban. Tim terkendala sulitnya medan, kuatnya beton yang menjepit korban, air sungai yang keruh dan pada saat itu air sedang pasang. Sehingga, tim baru bisa mengevakuasi korban sampai tujuh jam.

 

Proses evakuasi, lanjut Nyoto, dilakukan dengan berbagai cara. Kali pertama tim melakukan penyelaman ke dasar jembatan Genjool yang sudah ambruk dan menjepit kaki korban. Derasnya air dan kondisi air yang keruh mengakibatkan usaha ini gagal. Berikutnya, tim mendatangkan alat berat untuk mengangkat patahan jembatan yang menimpa kaki korban. Namun, usah inipun juga sia – sia. Alat berat yang didatangkan tidak mampu mengangkat beton yang menimpa kaki korban.

 

Situasi semakin dramatis, kondisi air yang makin pasang disamping kondisi korban yang masih hidup. Maka, tim terus memikir otak untuk bisa segera mengevakuasi korban. Tim segera berkoordinasi dengan pihak keluarga, tenaga meedis RSUD Kalijaga dan aparat kepolisian setempat yang hasilnya kaki korban diikat untuk menghentikan pendarahan sementara. Setelah pendarahan pada kaki berhenti, maka korban akan ditarik. Hal ini dilakukan karena kondisi korban yang semakin terancam. Korban semakin tenggelam akibat air sungai yang semakin pasang. Disamping, kodisi korban yang semakin menurun akibat kedinginan (hipotermia).

 

Cara inipun berhasil, korban ditarik dan diangkat dari dasar sungai dengan mengalami patah kaki kirinya. Korban kemudian dibawa ke rumah sakit RSSUD Sunan Kalijaga untuk mendapatkan perawatan, pungkas Nyoto.(Tim Humas Kansar Semrang)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
29 April 11:00 WIB