TELP (024) 7629192 FAX (024) 7629189 EMAIL : sar_semarang@yahoo.co.id


BASARNAS SEMARANG AMANKAN TRADISI


SEMARANG - Badan SAR Nasional Kantor SAR Semarang turut mensukseskan kelancaran pelaksanaan tradisi "kungkum" atau berendam di sungai Tugu Suharto yang digelar tiap malam pergantian tahun jawa atau malam 1 suro. Suronan yang berlangsung di Tugu Suharto Sampangan Semarang Selasa (4/11) dilaksanakan tepat pada pukul 00.00 dini hari.

Tradisi yang dilakukan setiap menjelang bulan Suro ini berlangsung sangat ramai, meskipun{READMORE} sempat di guyur hujan namun masyarakat tetap antusias menjalaninya. Bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya, menyambut malam 1 Suro mereka selalu mengadakan ritual berendam di pertemuan arus antara Kali Garang dan Kali Kreo di dekat Tugu Suharto tersebut. Mereka percaya bahwa kungkum di pertemuan dua Sungai ini dapat membuang sial dan bisa mendatangkan rejeki ditahun yang akan datang. Yang menarik dalam tradisi ini adalah pelaku kungkum tidak hanya dari kalangan orang dewasa bahkan melainkan anak-anak juga turut serta dalam tradisi tersebut.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Semarang Waluyo Raharjo Mengatakan, Bahwa Basarnas Kantor SAR Semarang telah menerjunkan tujuh orang personil dengan disertai perlengkapan alat untuk di medan air, seperti perahu rafting, life jacket, ring boy serta peralatan lainnya. Lebih lanjut diharapkan dengan adanya para pesonil Basarnas ini paling tidak bisa memberi rasa aman bagi warga yang sedang melakukan ritual di sungai yang dulunya konon pernah dilakukan oleh mantan presiden Soeharto untuk melakukan petilasan.

Sementara itu Wakapolsek Gajah Mungkul AKP Wahyu Widagdo.SH mengatakan bahwa dirinya beserta jajaran Polsek Gajahmungkur mengucapkan banyak terima kasih kepada Basarnas Semarang yang sudah berpartisipasi mengamankan jalanya ritual suronan ini, pungkasnya. (fdi/za)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
6 November 9:21 WIB