TELP (024) 7629192 FAX (024) 7629189 EMAIL : sar_semarang@yahoo.co.id


Dua Truck Terseret Banjir Lahar Dingin Merapi


MAGELANG — Warga di sekitar aliran Kali Bebeng di Kawasan Watu Gede, Kaliurang Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang kembali dikejutkan banjir lahar dingin, Selasa (21/2/2012) petang.  Meski intensitasnya tidak terlalu besar seperti tahun lalu, namun banjir ini mengakibatkan dua buah truk penambang mengalami kerusakan akibat terseret banjir, bahkan satu truk terseret hingga sekitar 500 meter.

Koordinator  Pos SAR Yogyakarta Makhfud mengatakan, dua truk tersebut masing-masing milik Yusmanto warga Dusun Dowakan Desa/Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang bernomor polisi AA 1406 KB yang dikemudikan Diono (35) warga Miren, Jumoyo Kabupaten Magelang, dan sebuah truk nomor H 1981 GY, yang dikemudikan sopir Jumirin (41), Brajang, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Lain halnya dengan truk milik Yusmanto, kondisi Truk hancur diterjang banjir lahar di Kali Bebeng di kawasan Watu Gedhe, Kaliurang Kecamatan Srumbung. Body truk mengalami kerusakan parah dan beberapa bagian truk hancur. "Bagian roda dan lainnya hanyut sampai jauh. Truk yang dikemudikan Juratmin bisa menyelamatkan diri dari terjangan dan timbunan  material Merapi, kata Makhfud.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Tiga penambang yang sedang menambang pasir yakni Maryono, Maryanto dan Muslih, semuanya warga Desa Kradenan, Kecamatan Srumbung nyaris terjebak. Beruntung, mereka berhasil diselamatkan warga.

Banjir di Kali Bebeng lanjut Makhfud, setinggi 1,5 meter dengan memenuhi seluruh badan sungai. Banjir ini membawa material berupa pasir dan batu-batu, hingga akhirnya kami terima informasi adanya truk yang hanyut ini, paparnya.

Proses evakuasi truk sendiri memakan waktu cukup lama, sekitar dua jam, karena waktu yang memang sudah semakin gelap, dan cuaca juga mendung ditambah lagi kurangnya penerangan sehingga kondisinya gelap. Meskipun sudah menggunakan alat berat, pukul 18.00 badan truk yang sudah ringsek tersebut baru bisa diangkat dari badan sungai.

“Perlu diketahui, bahwa Basarnas, Kantor SAR Semarang terus melakukan pantauan banjir lahar dingin melalui Pos SAR Yogyakarta. Dimana sebelumnya pantauan lahar dingin diadakan di Jumoyo, Kabupaten Magelang” Pungkas Makhfud. (ris)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
22 February 15:47 WIB