TELP (024) 7629192 FAX (024) 7629189 EMAIL : sar_semarang@yahoo.co.id


GEMPA 5 MMI GUNCANG DATARAN TINGGI DIENG


Kantor SAR Semarang-Aktivitas vulkanik Gunung Dieng pada Jumat (19/4) malam, dikejutkan gempa bumi yang mencapai Skala 5 MMI dan hampir terasa merata di wilayah pegunungan tersebut.

 

Gempa yang diduga berasal dari aktivitas tektonik lokal itu terjadi pada Pukul 19.00 Wib. Menurut BMKG kekuatan gempa mencapai 4,8 dan berada dekat di Wonosobo. Gempa itu sendiri menyebabkan{READMORE} beberapa kerusakan seperti rumah dan fasilitas publik sehingga warga banyak yang ketakutan dan meninggalkan rumah untuk mengungsi. Setelah itu, getaran kembali mengguncang dari Pukul 19.27 - 20.03 Wib, terekam sebanyak 74 kali gempa dengan amplituda maksimum 10 - 100 mm, dengan lama gempa 5 - 30 detik.

 

Di Pos Pengamatan Dieng sendiri, gempa darat itu terekam sejak Pukul 19.00  hingga 19.25 Wib. Selama itu, pos mencatat terjadinya krisis kegempaan sebanyak 86 kali kejadian gempa dengan amplituda maksimum 10 - 100 mm, dengan durasi antara 10 - 70 detik.

 

Kepala Kantor SAR Semarang Bapak S.Riyadi S,Sos MM menginstruksikan Rescuer Basarnas Kantor SAR Semarang dan Pos SAR Yogyakarta Untuk melakukan perkembangan di daerah dieng dan membantu evakuasi terhadap warga sekitar. Warga sekitar pun dihimbau untuk tetap tenang dan tidak panik mengingat gempa tersebut tidak berpengaruh pada aktivitas kawah timbang di dataran dieng, lanjut Riyadi.

 

Sementara menurut Komandan Rescuer Kantor SAR Semarang Hardi Amanurijal, data jumlah pengungsi sementara kurang lebih mencapai 5145 jiwa yang tersebar di daerah Batur,Kali Putih,Pos Dieng Kulon.Dieng Wetan,Desa Bintaro dan Desa Gempol. Lebih lanjut Hardi mengatakan saat ini beberapa pengungsi sudah ada yang kembali ke kediamannya masing-masing,dan dirinya juga menghimbau agar warga tetap tenang dan selalu waspada bila suatu saat terjadi gempa susulan. (Hms/Fdi)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
20 April 10:11 WIB