TELP (024) 7629192 FAX (024) 7629189 EMAIL : sar_semarang@yahoo.co.id


PAGI INI BASARNAS SISIR SUNGAI BOYONG


YOGYAKARTA– Hingga hari ini Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap Lugina (25) Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia yang tersesat di gunung Merapi sejak Senin (12/8). Pagi ini, (Kamis 15/8.red) sembilan personel Kopasus Kandang Menjangan dan empat personel Basarnas melakukan penyisiran dari bawah di sisi timur Sungai Boyong. {READMORE}

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Semarang Waluyo Raharjo, S.Sos mengatakan pagi tadi tepat  Jam 03.00 kami berangkatkan satu SRU yang terdiri dari 9 0rang. SRU ini area pencariannya dari Pos dua atau biasa disebut wilayah Rudal dengan ketinggian 1850 mdpl menyisir ke bawah di sisi timur Sungai Boyong. Kemudian, sekitar  pukul 07.00 pagi ini diberangkatkan satu SRU yang terdiri dari 9 personel Kopasus Kandang Menjangan dan 4 personel Basarnas. Area pencariannya menyisir dari Pos 1 naik ke atas, di sisi timur sungai Boyong.

“Kami memperkirakan korban berada di sekitar aliran Sungai yang berhulu di puncak gunung Merapi tersebut. Hal ini diperkuat kesaksian oleh hampir semua unsur yang terlibat hari sebelumnya dengan didengarnya suara korban, help me.., help me..” papar Waluyo.

Proses pencarian, lanjut Waluyo, terkendala medan yang terjal dan berhimpitan dengan jurang yang curam. Selain itu, jalur pendakian juga sudah berubah dari sebelumnya. Berubahnya jalur pendakian ini akibat erupsi pada tahun 2010 yang menewaskan juru kunci gunung Merapi, mbah Marijan. Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian hingga hari ini adalah Polda DIY, Kopasus Kandang Menjangan, Brimob Sleman, Polsek Cangkringan, BPBD DIY, BPBD Sleman, SAR DIY, SAR Kabupaten Sleman, RAPI Sleman, dan masyarakat sekitar. (ris)

 



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
15 August 9:00 WIB