TELP (024) 7629192 FAX (024) 7629189 EMAIL : sar_semarang@yahoo.co.id


personil Basarnas Semarang gelar familirisasi waterpurifier


Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang menggelar pelatihan pemurnian air bagi para personilnya. Kegiatan tersebut berupa penggunaan alat waterpurifier yang dioperasikan diatas truk Tactical Disaster Support Vehicle atau kendaraan bantuan bencana taktis. 

"Personil kami latih bagaimana cara menyuling air kotor menjadi air bersih siap pakai dan siap minum dengan mengoperasikan alat waterpurifier" ujar Heru Suhartanto Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang.

Kegiatan tersebut berlangsung pada selasa (8/2/2022) dan bertempat di sungai banjirkanal Barat yang saat itu airnya cukup keruh. Terlihat dengan menggunakan alat waterpurifier tersebut, air sungai yang awalnya keruh berwarna coklat menjadi bening dan siap dipakai untuk keperluan sehari-hari bahkan bisa untuk diminum.

Didalam alat tersebut terdapat 3 selang, satu selang sebagai penyedot air kotor, dan dua selang lainnya akan mengeluarkan dua jenis air yakni air siap pakai (mencuci, mandi, dll) serta air residu atau air kotor sisa penyulingan.

Dengan pelatihan ini diharapkan para Personil  Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang mampu mengoperasionalkan peralatan tersebut dan bisa membantu kebutuhan air bersih bila terjadi bencana sewaktu-waktu.

"Kami berharap dengan Personil yang terlatih, mampu memberikan pelayanan SAR yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Dan apabila ada masyarakat terdampak bencana dan kesulitan air bersih kami siap mendukung pengadaan air bersihnya. Silahkan hubungi kami di 115 apabila membutuhkan bantuan kami" tutup Heru.



Kategori General Berita .
Pengunggah : semarangadmin
10 February 9:14 WIB