TELP (024) 7629192 FAX (024) 7629189 EMAIL : sar_semarang@yahoo.co.id


TIM SAR 10 JAM EVAKUASI PENDAKI ASAL RUSIA


YOGYAKARTA- Butuh sepuluh jam untuk mengevakuasi Ebrehnn Yevgeniy (25) WNA asal Rusia yang tersesat di gunung Merapi sejak Minggu (11/8) lalu. Tim SAR gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi korban, Kamis (15/08). {READMORE}

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Semarang Waluyo Raharjo mengatakan Loegina panggilan korban bersama tim SAR gabungan tiba di Pos pendakian Kinahrejo, Cangkringan Sleman pada pukul  20.45wib. Korban kemudian dilarikan ke RSUD dr.Sardjito untuk mendapatkan perawatan medis. Korban ditemukan di punggungan dengan posisi sebelah barat laut, daerah pos 1 Srimanganti ke arah Jantungan dengan ketinggian  1400 mdpl tepat pukul 09.42 wib.

Kepada Basarnas korban mengaku pada hari Minggu (11/8) dirinya sempat terperosok ke jurang sedalam empat rumah, atau sekitar 20 meter. Akibatnya korban mengalami sobek dan luka memar pada kening. Setelah jatuh itulah Loegina merasa tersesat, namun demikian dirinya masih berupaya untuk mencapai puncak Merapi. Dan saat itulah korban kehabisan bekal logistik sehingga dirinya harus survival dengan minum dari pangkal batang pohon yang dipotong. “saya ingin mencapai puncak untuk bisa melihat sunrise” paparnya menggunakan bahasa Inggris.

Proses evakuasilanjut Waluyo,berlangsung lama karena kondisi korban yang berjalan pelan – pelan. Disamping kondisi yang sudah gelap dan jarak pandang yang terbatas akibat tebalnya kabut. Waktu yang dibutuhkan untuk proses evakuasi dari lokasi ditemukan sampe ke pos pendakian Kinahrejo hampir sepuluh jam. (ris)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
16 August 9:00 WIB